VISI PROGRAM STUDI TEKNIK INDUSTRI

Program Studi Teknik Industri UMS memiliki visi keilmuan ”Pada tahun 2029, menjadi pusat pengembangan keilmuan Teknik Industri berbasis industri kreatif berkemajuan dengan berlandaskan nilai-nilai ke-Islaman”.

Dalam hal nilai keislaman diterjemahkan dalam sikap dan nilai-nilai mahasiswa dan lulusan sebagai berikut:

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious (derivasi dari nilai ibadah dan amanah).
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika (derivasi dari nilai amanah, ‘adl, khalifah, dan ibadah).
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila (derivasi dari nilai ‘adl, khalifah, istishlah, ibadah, dan wawasan keindonesiaan). Kurikulum Teknik Industri UMS Tahun 2021 17
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa (derivasi dari nilai khalifah, wawasan keindonesiaan, dan life-skills).
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan serta pendapat/temuan orisinal orang lain (derivasi dari ‘ilm, istishlah, khalifah, life- skill, dan wawasan keindonesiaan).
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial, serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (derivasi dari nilai-nilai khalifah, istishlah, life-skill).
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara (derivasi dari nilai ‘adl, khalifah, dan life-skills).
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (derivasi dari nilai tauhid, ‘ilm, amanah, dan ‘adl).
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (derivasi dari nilai amanah, dan life-skills).
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan (derivasi dari nilai khalifah, amanah, dan life-skills).
  11. Ihsan dan fastabiqul khairot (derivasi dari istishlah dan ‘ibadah).