Capaian pembelajaran lulusan (CPL) disusun sebagai turunan dari PEO yang telah dirumuskan di bagian sebelumnya. Agar lebih komprehensif serta mempermudah pemahaman maka CPL yang dirumuskan dibagi ke dalam domain/ranah mengadaptasi 12 ranah sebagaimana disyaratkan dalam penyusunan kriteria capaian pembelajaran di Washington Accord. Domain CPL adalah sebagai berikut:
(1) Engineering Knowledge
(2) Problem Analysis
(3) Design and development of solutions
(4) Investigations
(5) Modern tool usage
(6) Engineer and society
(7) Environment and Sustainability
(8) Ethics
(9) Individual and team work
(10) Communication
(11) Project management
(12) Lifelong learning
(13) Entrepreneurship
Selain itu setiap CPL juga dikelompokkan ke dalam 3 ranah yakni Cognitive (C), Psychomotor (P), dan Affective (A) dengan level kedalaman berdasarkan Taksonomi Bloom, yakni C1-C6 untuk ranah Kognitif, P1-P5 untuk ranah Psikomotorik, dan A1-A5 untuk ranah Afektif, sebagaimana tersaji dalam Gambar 5.2 – 5.4. Level kedalaman ini sebagai acuan dalam untuk merumuskan pernyataan CPL agar sesuai jenjang pendidikan, dalam hal ini level S1, serta dijadikan acuan pada saat mendesain kurikulum, metode pembelajaran serta instrumen penilaian.
CPL |
Domain | Aspek KKNI | Level Kedalaman | Deskripsi |
Keterangan |
CPL 1 |
Engineering & Social Knowledge |
P |
C4 |
Menguasai konsep teoretis sains alam dan sains sosial, aplikasi matematika rekayasa, prinsip-prinsip rekayasa (engineering fundamentals), sains rekayasa, dan perancangan rekayasa yang diperlukan untuk analisis dan perancangan sistem terintegrasi |
Sistem terintegrasi merupakan sistem yang minimal melibatkan komponen manusia, material, peralatan, energi, dan informasi. |
CPL 2 | Engineering Knowledge |
P |
C4 |
Menguasai prinsip dan teknik perancangan sistem terintegrasi dengan pendekatan sistem | Pendekatan sistem artinya kemampuan untuk melihat interaksi hubungan antar komponen dalam sistem dan tujuannya dalam merancang suatu sistem |
CPL 3 | Engineering Knowledge |
P |
C4 |
Menguasai pengetahuan tentang komunikasi teknik (engineering communication) dan perkembangan teknologi terbaru dan terkini |
Komunikasi teknik dengan memanfaatkan bahasa gambar teknik yang standar, bahasa pemrograman baku, dan standar-standar lain dalam bidang kerekayasaan |
CPL 4 | Problem Analysis | P/KK | C4/P4 |
Mampu mengidentifikasi, memformulasikan dan menganalisis masalah rekayasa kompleks pada sistem terintegrasi berdasarkan pendekatan analitik, komputasional atau eksperimental |
Rekayasa kompleks maksudnya sebagaimana dalam catatan di bawah tabel ini. Pendekatan analitik dengan memanfaatkan matematika/ kalkulus, pendekatan komputasional dengan menggunakan numerik, pendekatan eksperimental dengan menggunakan simulasi |
CPL 5 | Design and development of solutions | P/KK |
C4/P4 |
Mampu menerapkan matematika, sains, dan prinsip rekayasa (engineering principles) untuk menyelesaikan masalah rekayasa kompleks pada sistem terintegrasi (meliputi manusia, material, peralatan, energi, dan informasi) |
Cukup jelas |
CPL 6 | Environment and Sustainability | P/KK | C4/P4 | Mampu merumuskan solusi untuk masalah rekayasa kompleks pada sistem terintegrasi dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, kultural, sosial dan lingkungan (environmental consideration) | Penyelesaian problem dengan memperhatikan/ mempertimbangkan kendala/pembatas/ constraints sustainable development dengan 3 dimensinya (ekonomi, sosial dan lingkungan) |
CPL 7 | Design and development of solutions | P/KK | C5/P4 | Mampu merancang sistem terintegrasi sesuai standar teknis, keselamatan dan kesehatan lingkungan yang berlaku dengan mempertimbangkan aspek kinerja dan keandalan, kemudahan penerapan dan keberlanjutan, serta memperhatikan faktor-faktor ekonomi, sosial, dan kultural | Cukup jelas | ||||
CPL 8 | Investigations | P/KK | C5/P4 | Mampu meneliti dan menyelidiki masalah rekayasa kompleks pada sistem terintegrasi menggunakan dasar prinsip-prinsip rekayasa dan dengan melaksanakan riset, analisis, interpretasi data dan sintesa informasi untuk memberikan solusi | Cukup jelas | ||||
CPL 9 | Modern tool usage | P/KK | C5/P4 | Mampu memilih sumberdaya dan memanfaatkan perangkat perancangan dan analisis rekayasa berbasis teknologi informasi dan komputasi yang sesuai dan terkini untuk melakukan aktivitas rekayasa | Cukup jelas | ||||
CPL 10 | Communication | KU/ST | P4/A3 | Mampu melakukan komunikasi secara tertulis maupun lisan yang efektif dalam lingkungan terbatas maupun dalam masyarakat umum dengan memanfaatkan teknologi terkini | Cukup jelas | ||||
CPL 11 | Engineer, Society and Ethics | KU/ST | P4/A3 | Mampu menunjukkan tanggung jawab kepada masyarakat dengan mematuhi etika keprofesian, nilai-nilai Al Islam & Kemuhammadiyahan (AIK), dan prinsip-prinsip kebangsaan dalam penyelesaian permasalahan kerekayasaan | Cukup jelas | ||||
CPL 12 | Lifelong learning & Project Management | KU/ST | P4/A3 | Mampu mengenali kebutuhan diri dan profesi serta merencanakan dan mengelola pembelajaran diri secara mandiri untuk menghadapi berbagai perubahan | Pembelajaran diri seumur hidup termasuk kemampuan secara mandiri untuk menggali berbagai informasi yang relevan untuk pengembangan diri | ||||
CPL 13 | Individual and team work | KU/ST | P4/A3 | Mampu berfungsi sebagai individu yang efektif dan melakukan kerjasama dalam sebuah kelompok kerja dengan latar belakang yang berbeda dan/atau multidisiplin | |||||
CPL 14 | Entrepreneurship | KU/ST | P4/A3 | Mampu mengidentifikasi peluang usaha serta menerapkan prinsip-prinsip manajemen dan bisnis untuk menyusun rencana usaha rintisan |
Catatan: Complex engineering problem menurut Washington Accord (IEA, 2015) minimal memiliki atribut a dan salah satu dari b-g dalam daftar atribut berikut:
- Cannot be resolved without in-depth engineering knowledge.
- Involve wide-ranging or conflicting technical, engineering and other issues.
- Have no obvious solution and require abstract thinking and originality in analysis to formulate suitable models.
- Involve infrequently encountered issues.
- Outside problems encompassed by standards and codes of practice for professional engineering.
- Involve diverse groups of stakeholders with widely varying needs.
- High level problems including many component parts or sub-problem
KU: Ketrampilan Umum
KK: Ketrampilan Khusus
ST: Sikap dan Tata Nilai
P: Pengetahuan