Profil Pusat Studi Logistik dan Optimisasi Industri (Puslogin)


  • Nama dan Identitas Pusat Studi

Pusat Studi Logistik dan Optimisasi Industri (PUSLOGIN) atau Centre for Logistics and Industrial Optimization Studies (CLIOS).

  • Alamat Pusat Studi

Gedung F dan H, Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Jl. A. Yani Tromol Pos 1 Pabelan Kartasura Surakarta.

  • Legalitas Pendirian Pusat Studi

PUSLOGIN berdiri berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta Nomor 068/14/2015, tanggal 12 Maret 2015.

  • Susunan Pengurus PUSLOGIN Periode 2018-2021

Sesuai dengan SK Rektor UMS No No. 130/IV/2018  susunan pengurus PUSLOGIN sebagai berikut:

Ketua

: Munajat Tri Nugroho, PhD

Sekretaris

: Ratnanto Fitriadi, ST, MT

Koordinator Divisi Pelatihan

: Muchlison Anis, ST, MT

Kordiv. Kerjasama dan Publikasi

: Mila Faila Sufa, ST., MT

Kordiv. Pengembangan, Penelitian Pengabdian Masyarakat

: Etika Muslimah, ST., MT

Fokus Kegiatan


Fokus kegiatan dari PUSLOGIN adalah:

  • Melakukan kegiatan penelitian dan kajian di bidang logistik dan bidang lain yang mengarah pada optimisasi sistem industri sehingga didapatkan sistem logistik berikut infrastrukturnya yang efektif dan efisien, serta untuk mendapatkan¬† nilai tambah produk industri yang kompetitif di level regional maupun global.
  • Memfasilitasi dosen dan mahasiswa untuk melakukan penelitian sehingga terwujudnya UMS sebagai pusat unggulan di bidang sistem logistik dan industri.
  • Membangun kerjasama dengan pemerintahan dan industri sebagai upaya bersama untuk menyelesaikan permasalahan nyata yang dihadapi oleh masyarakat.

Visi dan Misi


Visi dan misi dari Pusat Studi Logistik dan Optimisasi Industri (PUSLOGIN) adalah:

  • Visi

Sebagai pusat penelitian dan pengkajian optimisasi pada sistem logistik dan industri.

  • Misi
  1. Melakukan kegiatan penelitian dan pengkajian untuk meningkatkan nilai tambah produk industri sehingga kompetitif di level regional maupun global.
  2. Melakukan kajian dan penelitian terhadap sistem logistik nasional dalam upaya untuk mendorong terciptanya sistem logistik, berikut infrastrukturnya, yang efisien dan efektif.
  3. Mensinergikan sumber daya laboratorium (peralatan, dosen, asisten dan laboran) sekaligus menjadikan PUSLOGIN sebagai payung bagi penelitian-penelitian di UMS untuk mewujudkan UMS sebagai pusat unggulan di bidang sistem logistik dan industri.

Peserta Workshop Analisis Data SEM dan Path Analysis

Dilaksanakan 5-6 Desember 2018 di Hotel Harris Surakarta, dengan nara sumber Dr. Zainal Mustafa dari Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (UII)