Pengabdian Masyarakat merupakan salah satu program kerja nyata yang diselenggarakan oleh Keluarga Mahasiswa Teknik Industri (KMTI) Universitas Muhammadiyah Surakarta setiap tahunnya di desa binaan KMTI yaitu berada di desa Tumut, Selo, Boyolali. Kegiatan tersebut berlangsung pada tanggal 31 Juli 2020 sampai 1 Agustus 2020 dan diterima baik oleh warga Desa Tumut.

Pengabdian masyarakat tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, karena pada tahun ini terdapat pandemi COVID-19 sehingga membuat banyak instansi ataupun berbagai perindustrian yang terpaksa di tutup karena menghindari keramain, dan di adakannya pembatasan wilayah atau Lockdown COVID-19, yaitu penerapan karantina terhadap suatu daerah atau wilayah tertentu dalam rangka mencegah perpindahan orang, baik masuk maupun keluar wilayah untuk tujuan mengurangi persebaran COVID19 lebih meluas.

Pengabdian masyarakat tahun ini diikuti oleh kurang lebih ada 50-an peserta yang terdiri atas Fungsionaris KMTI dan Mahasiswa Teknik industri UMS dengan tetap mengikuti protokol kesehatan dari pemerintah disetiap kegiatannya.

Berbagai macam kegiatan yang ada di dalam pengabdian masyarakat tahun ini yaitu antara lain menyembelih hewan kurban berupa 1 Ekor Sapi dan 5 Ekor Kambing dilanjutkan dengan Pembagian hewan kurban. Pada Pengabdian masyarakat juga diadakannya sosialisasi terkait protokol kesehatan mulai dari pemakaian masker cara mencuci tangan dan cara agar tetap sehat di masa pandemi COVID-19. KMTI juga mengadakan pembagian sembako dari hasil donasi yang di galangkan pada tanggal 4-28 Juli 2020 dan untuk donasi penggalangan dana tersebut terkumpul sejumlah uang sebanyak Rp. 2.657.500. Uang donasi tersebut di salurkan kepada masyarakat desa tumut berupa sembako ,alat tulis, alat kebersihan dan Masker.