Kuliah Umum Teknik Industri merupakan sebuah kegiatan tahunan yang diadakan setiap semester baru oleh Program Studi Teknik Industri dan bekerja sama dengan Keluarga Mahasiswa Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Surakarta. Kuliah umum 2019 pada semester gasal ini mengambil tema “Membentuk Karakter Mahasiswa Teknik Industri Menjawab Tantangan Industri 4.0”. Tema tersebut diambil untuk membuat motivasi agar Mahasiswa Teknik Industri memiki semangat untuk menjawab tantangan di era 4.0 ini. Kuliah umum kali ini mengundang Bapak Drs. H. Wasono Nurhadi sebagai Pengelola Santri Makaryo Solo yang turut menyampaikan materi mengenai motivasi di era 4.0.

Kuliah umum yang dilakukan di Ruang Seminar Gedung Pascarasjana UMS pada Senin, 2 September 2019 mengundang seluruh Mahasiswa Teknik Industri untuk turut hadir mengikuti pada kuliah umum kali ini. Pada kuliah umum ini juga sebagai salah satu agenda dalam menyambut Mahasiswa Teknik Industri angkatan 2019.

Dalam era 4.0 ini mahasiswa harus mengikuti perkembagan zaman dengan memiliki berbagai skills yang dibutuhkan untuk mengikuti era 4.0. Kulih umum ini menekankan pada mahasiswa dimana sebagai mahasiswa harus bisa menjadi agen yang fleksibel diberbagai kondisi. Terutama untuk Mahasiswa Teknik Industri angkatan 2019 sebagai mahasiswa baru mereka diberikan motivasi untuk mulai mengenali dunia perkuliahan. Hal ini diberikan untuk mengenalkan dunia perkuliahan kepada mahasiswa baru.