Surakarta, (IENACO, 27/3) – Industrial Engineering National Conference (IENACO) merupakan sebuah kegiatan tahunan yang diselengarakan oleh Program Studi Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Surakarta. Pelaksanaan IENACO pada tahun ini merupakan tahun ke tujuh dengan tema “Industri Kreatif berbasis Budaya pada Era Industri 4.0” dengan pembicara utama yaitu Fadjar Hutomo,S.T., M.MT., CFP yang menjabat sebagai Deputi Akses Permodalan di Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) dan Munajat Tri Nugroho, Ph.D. sebagai Ketua Program Studi Logistik dan Optimisasi Industri (PUSLOGIN UMS).

Pemilihan tema pada kegiatan IENACO 2019 melatarbelakangi dari Dampak terjadinya perlambatan dan krisis ekonomi global mengakibatkan pertumbuhan ekonomi nasional pada tahun 2018 ini diperkirakan hanya 5.2%. Angka ini di bawah target pertumbuhan ekonomi nasional yang dipatok sebesar 5,4% per tahun. Ekonomi kreatif menjadi salah satu solusi untuk mengatasi penurunan perekonomian Indonesia.

Ekonomi kreatif berkontibusi 7.38% terhadap perekonomian nasional. Pemerintah telah menunjukkan keseriusan dalam membangun ekonomi kreatif di Indonesia. Hal ini ditunjukkan dengan perubahan nomenklatur kementerian dari Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata menjadi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Pemerintah Indonesia pun menganggap penting sektor ini, terbukti dengan dirumuskannya “Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia 2025” serta “Pengembangan Industri Kreatif menuju Visi Ekonomi Kreatif 2025” oleh Departemen Perdagangan Republik Indonesia.

Di sisi yang lain, perkembangan industri saat-saat sekarang ini ditandai dengan apa yang dinamakan dengan Industri 4.0 dimana perkembangan ini merupakan sebuah trend otomasi dan pertukaran data di dalam teknologi manufakturing, yang mencakup apa yang dinamakan dengan cyber-physical systems, the Internet of things, cloud computing, dan cognitive computing. Jelas terlihat, bahwa menggejalanya kecenderungan kepada industri 4.0 ini tidak terlepas dari perkembangan pesat di bidang information and communication technology (ICT).

Selain diadakannya seminar dalam acara IENACO 2019 juga diadakan calling paper untuk mahasiswa,  dosen, ataupun masyarakat umum yang memiliki pengalaman di bidang industri kratif. Acara yang terselenggara diikuti oleh 79 perserta mulai dari pemakalan mahasiswa, pemakalah umum, sampai peserta seminar. Dari total peserta tersebut terdapat  totoal 19 perguruan tinggi dan perusahaan yang telah mengirimkan makalah untuk dilakukan publikasi jurnal ilmiah. Berdasarkan akumulasi makalah yang masuk dan sudah di review oleh reviewer mengenai kelayakan dari makalah tersebut didapat 62 makalah yang dipresentasikan di IENACO 2019 yang terkhusus dengan pengembangan industri kreatif berbasis industri 4.0.

Menurut Ketua Program Studi Teknik Industri, Eko Setiawan, Ph.D mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan akademisi yang mewadahi masyarakat untuk mengungkapan gagasan mereka dalam dunia industri kreatif yang didukung dengan perkembangan industri 4.0. Kemudian disambung oleh Muh. Djunaidi, M.T selaku ketua pelaksana yang mengarapakan bahwa para peserta IENACO 2019 mampu menghadapi tantang industri kreaif berbasis 4.0 dan maupun memberikan kontribusi untuk kemajuan industri kreatif yang akan dihadapi masa yang akan datang.

#seminar #industri #converence #ienaco2019