Diskusi umum merupakan kegiatan rutin dari Keluarga Mahasiswa Teknik Industri yang diadakan setiap satu kali dalam setahun. Pada diskusi umum kali ini mengangkat tema yaitu “Kunjungan Industri”. Tema ini berisi tentang apa yang harus dipersiapkan untuk mempersiapkan kegiatan kunjungan industri yang akan dilaksanakan oleh angkatan 2016.

Kunjungan industri merupakan kegiatan berupa mengunjungi perusahaan industri berbasis manufaktur atau jasa. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan gambaran pada mahasiswa Teknik Industri mengenai seperti pa dunia kerja yang akan dihadapi lulusan Teknik Industri nantinya. Tentunya, kegiatan kunjungan industri ini harus diperlukan persiapan yang matang dan sudah dipersiapkan jauh-jauh hari sebelum kegiatan kunjungan industri dilakukan. Untuk mempersiapkan kegiatan tersebut, dibutuhkan pengalaman dan ilmu dari mahasiswa yang sebelumnya telah melakukan kunjungan industri. Oleh karena itulah, kegiatan diskusi umum ini dilakukan.

Diskusi umum kali ini diadakan di Ruang F0105 Kampus 2 Universitas Muhammadiyah Surakarta pada Jumat, 27 April 2018 pada pukul 08.00-10.30. Diskusi umum ini ditujukan untuk mahasiswa Teknik Industri UMS angkatan 2016 dengan peserta sebanyak 33 mahasiswa.Pembicara pada diskusi umum ini adalah perwakilan dari Panitia Kunjungan Industri dari angkatan 2015 sebanyak 6 mahasiswa.

Pada diskusi umum ini, pembicara mempresentasikan mengenai hal-hal yang harus dipersiapkan oleh panitia yang akan mengatur kegiatan kunjungan industri tahun ini. Selain itu, pembicara juga menjelaskan mengenai hambatan dan kendala yang mereka hadapi pada kunjungan industri tahun lalu. Pembicara juga memberikan solusi dari permasalahan tersebut agar hambatan dan kendala yang mereka hadapi tidak terulang lagi pada kegiatan kunjungan industri tahun ini. Selanjutnya, pembicara juga berbagi pengalaman kunjungan industri yang mereka alami serta tips-tips dalam mengurus beberapa tugas dan kewajiban setiap sie. Kemudian pada sesi tanya jawab, pembicara juga menjawab pertanyaan yang diajukan oleh peserta diskusi umum.

Dari diskusi umum dengan tema tersebut, peserta diharapkan lebih semangat lagi dalam mempersiapkan kegiatan kunjungan industri. Dengan berbekal ilmu dan pengalaman yang telah diberikan oleh pembicara, peserta diharapkan dapat mewujudkan kunjungan industri angkatan 2016 yang lebih baik dari sebelumnya.