Kuliah Umum merupakan kegiatan rutin dari Jurusan Teknik Industri yang diadakan setiap 1 (satu) semester. Kuliah Umum kali ini mengangkat tema “Persiapkan Dirimu untuk Revolusi Industri 4.0” yang berisi informasi penting mengenai Revolusi Industri 4.0 dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan strategi dalam menyongsong era Industri 4.0 bagi mahasiswa.

Sedikit mengulas tentang INDUSTRI 4.0 yaitu perkembangan teknologi dalam era post modern dengan ciri berkembangnya alat-alat serba canggih menggunakan sistem yang terintegrasi lewat internet. Penggunaan internet dalam industri 4.0 ini sangatlah penting atau bisa disebut internet untuk segalanya(internet of think) dan mendukungnya kemampuan mesin, perangkat, sensor, dan manusia untuk berhubungan dan berkomunikasi dengan satu sam lain. Ada berbagai contoh hasil perkembangan industri 4.0 yaitu penemuan superkomputer, robot yang berkembang dengan kecerdasan buatan dll.

Kuliah umum kali ini diadakan di auditorium djazman universitas muhammadiyah surakarta pada hari senin tanggal 02 april 2018 pukul 12.30-16.00. kuliah umum ditujukan untuk mahasiswa teknik industri universitas muhammadiyah surakarta dengan kuota sebanyak 315 mahasiswa. Untuk pembicara yaitu bapak Hari Prasetyo ST.,MT.,PhD selaku Dosen Teknik Industri UMS, dan Bapak Tiyas Johanuar ST selaku Head of Learning & Development PT. DELTOMED Wonogiri.

Dalam era yang serba canggih, Mahasiswa dituntut untuk mempersiapkan diri menghadapi tantangan besar yang terjadi pada Revolusi Industri 4.0 saat ini. Oleh karena itu, Perguruan Tinggi harus mampu menghasilkan lulusan yang memiliki nilai tambah sesuai kebutuhan pasar kerja dengan lulusan yang berkarakter, kompeten, dan inovatif. Selain unggul di bidang akademik, generasi sekarang harus mempunyai daya saing yang tinggi untuk menghadapi persaingan yang ketat diluar sana termasuk persaingan dalam era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Dari hasil kuliah umum dengan tema tersebut, mahasiswa lebih bersemangat dan meningkatkan kualitas diri setelah mendapatkan materi dari pembicara, motivasi juga ikut terbentuk untuk menjalani perkuliahan mengingat tantangan besar dari industri 4.0, terbentukanya ide kreatif dan inovatif para mahasiswa untuk mempersiapkan diri menghadapi revolusi industri 4.0 yang super cepat dan tumbuh antusias untuk mengikuti kuliah umum bagi mahasiswa teknik industri