Keluarga Mahasiswa Teknik Industri bidang Sosial dan Kemasyarakatan pada bulan Maret ini menyelenggarakan program kerja baru yang di tahun-tahun sebelumnya belum ada, yaitu Kajian Tematik. Berlangsung pada Senin, 12 Maret 2018 dengan mengundang ustadzah Dewi Purnamawati sebagai pengisi pada kajian kali ini.

Dalam kajian tematik kali ini, kami mengusung Tema “Hijrah” serta kami beri judul “Indahnya Hijrah Dengan Ukhuwah Yang Nyata”, Hijrah yaitu meninggalkan akhlak yang buruk dan dosa-dosa menuju kebaikan yang diperintahkan oleh Allah SWT, dengan berhijrah kami berharap masyarakat dan generasi muda bisa menjadi seorang muslim yang lebih baik dari sebelumnya dan bisa lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dari judul tersebut kami berharap pandangan masyarakat luas serta yang terlebih anak muda sebagai generasi penerus umat, agar tidak memiliki pandangan serta penilaian bahwa Hijrah itu sulit, serta tidak sedikit generasi muda yang berfikiran bahwa jika saya hijrah, saya akan dianggap sok alim, sok suci, dan lain sebagainya bahkan saya nanti akan di anggap beda dan dijauhi teman-teman saya.

Kajian tematik adalah sebuah sarana bagi seorang muslim dalam mencari ilmu untuk memperdalam pengetahuan akan Agama Islam, dengan adanya sebuah kajian yang di selenggarakan di lingkungan masyarakat, kami berharap akses masyarakat untuk memperdalam Agama Islam akan dapat lebih mudah mereka dapatkan tanpa harus masuk dalam sebuah Pesantren, tetapi tidak menutup kemungkinan dengan adanya kajian tematik ini bisa menjadi sebuah motivasi bagi masyarakat yang ingin mengetahui Agama Islam secara mendalam, untuk masuk ke pesantren ataupun tempat pendidikan Agama Islam lainnya.

Dalam surat Ali ‘Imran 3/195; Allah SWT berfirman : Maka Tuhan mereka memperkenankan permohonannya (dengan berfirman), “Sesungguhnya Aku tidak menyia-nyiakan amal orang yang beramal di antara kamu, baik laki-laki maupun perempuan, (karena) sebagian kamu adalah (keturunan) dari sebagian yang lain. Maka orang yang berhijrah,yang di usir dari kampung halamannya, yang di sakiti pada jalan-Ku, yang berperang dan yang terbunuh, pasti akan Aku hapus kesalahan mereka dan pasti Aku masukkan mereka kedalam surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, sebagai pahala dari Allah. Dan di sisi Allah ada pahala yang baik.” Dengan dasar ayat tersebut, kami berharap masyarakat dan generasi muda bisa termotivasi dengan janji yang Allah berikan kepada hambanya yang Berhijrah di jalan Allah yaitu pengampunan dosa serta surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai.

“Dengan Ukhuwah Yang Nyata” dari kutipan judul tersebut kami ingin generasi muda yang memiliki jiwa hijrah yang tinggi bisa menyeru kepada yang makruf dan mencegah dari yang mungkar, dan di awali dari keluarga, sahabat, deman dekat, dan teman sepermainan dengan mengajak kepada amalan-amalan yang wajib seperti sholat serta amalan yang sepele tapi memiliki dampak besar seperti menjaga kebersihan dan bershodaqoh. Dari hal ini Insya Allah bisa terjalinnya ukhuwah yang baik dengan orang-orang di sekitar kita, serta beban hijrah menjadi lebih ringan karena memiliki niat Berhijrah karena Allah.